Terbang Mencari Gambar Bersama Drone

Terbang Mencari Gambar Bersama Drone
Diki Umbara

Mulanya digunakan oleh militer Amerika, Unmanned Aerial Vehicle atau pesawat tanpa awak digunakan sebagai salah satu penunjang senjata yang ampuh. Namun UAV atau yang sekarang lebih dikenal dengan sebutan drone sudah digunakan dalam berbagai kebutuhan. Ya salah satunya adalah untuk alat pengambilan gambar dari udara, baik untuk gambar diam (fotografi) maupun gambar bergerak (videografi).

drone

Berbagai produsen kini berlomba dalam beragam inovasi agar drone yang dilengkapi kamera tersebut bisa digunakan lebih mudah. Namun karena dianggap mudah itulah sebagian orang menganggap drone sebagai mainan. Lain drone lain pula dengan pesawat RC, sebab ia memiliki fungsi yang beda. Menggunakan drone berarti harus memiliki dua kemampuan sekaligus; mengoperasikan pesawat dengan remote control dan pengoperasian kamera. Penggunaan drone yang serampangan akan mengakibatkan hal buruk, misalnya membahayakan keselamatan orang.

Berikut beberapa hal yang mesti diperhatikan dalam penggunaan drone:

  1. Yakinkan terlebih dulu sebelum menerbangkan drone, Anda harus benar-benar bisa menerbangkan drone dalam arti sebenarnya. Latihan dari hal yang paling simpel, jangan terlalu ingin buru-buru menerbangkan drone dengan sangat tinggi.
  2. Pastikan dari awal untuk keperluan apakah pengambilan gambar dilakukan sehingga harus menggunakan drone. Kalau perlu, buatlah semacam catatan kecil. Atau bisa juga dibuatkan semacam video treatment.
  3. Perhatikan daerah sekitar area terbang drone, mungkin saja langit terbebas dari hambatan akan tetapi jangan abaikan subyek-subyek yang ada di bawahnya. Benar bahwa beberapa drone memiliki kontrol kendali akan tetapi bisa saja membahayakan jika ia lepas kendali sehingga misalnya menabrak orang.
  4. Jangan sampai drone tidak nampak oleh Anda yang mengoperasikannya, karenanya tetap jaga arah pandang. Walaupun lagi-lagi, saat ini ada perlatan penunjang sehingga drone bisa kembali ke operator dengan teknologi yang memungkinkan itu.
  5. Terakhir, ada kalanya tidak semua hasil rekaman drone bisa sembarang kita share ke publik. Jadi walaupun kita telah mengambil gambar dengan drone yang kita miliki, perhatikan pula tentang apakah wilayah serta subyek yang kita ambil gambarnya merupakan hal yang bebas bisa kita share pada orang lain atau tidak.

Berbagai Fungsi Drone

Pesawat tanpa awak yang dilengkapi kamera kini tak hanya digunakan untuk keperluan pengambilan gambar aeral shot saja, beberapa produsen mulai mengembangkan guna berbagai kebutuhan. Jika mulanya untuk kebutuhan militer sebagai pengintai maupun pengangkut peluru kendali, kini drone digunakan untuk hal yang lebih bermanfaat lainnya. Kebutuhan survival untuk membantu penyelamatan dalam bencana sampai kelak untuk keperluan kurir jasa pengiriman barang. Dari drone yang berukuran besar hingga yang sangat mungil dengan fitur-fitur yang tidak kalah canggihnya. Ini merupakan beberapa varian drone yang sudah ada di pasaran:

remote

Parrot Bebop

Namanya unik dan lucu, Bebop. Drone ini didesain untuk mengambil gambar yang lumayan ekstrim, Bebop biasanya digunakan untuk keperluan sport luar ruangan. Bebbop cukup dikendalikan dengan smartphone. Navigasi menngunakan CPU dual-core Parrot P7 dengan memory flash yang bisa menampung 8 gigabyte.

 X8+

Masing-masing drone memiliki kelebihan yang ia andalkan. Drone merk X8+ memiliki sistem rotor yang sangat baik, drone quad-copter memiliki delapan baling-baling. Dengan demikian ia mampu mengangkat kamera yang lebih berat. Karenanya tidak hanya kamera GoPro saja yang cocok untuk drone ini, kamera mirrorless LX100 dan Canon S110 bisa mengandalkan drone canggih ini.

Hubsan X4 Pro
Inilah yang bisa digunakan oleh pengguna pemula maupun profesional. Ada pilihan mode yang bisa diswitch, yakni normal untuk pemula dan expert untuk pengguna yang sudah pro. Ada fasilitas yang bakal digemari penggunanya yakni waypoit Xpro yang bisa mengendalikan drone ini terbang dan turun secara otomatis.

Ada Harga Ada Rupa

Pepatah ini berlaku juga untuk produk yang kini makin digandrungi para fotografer dan videografer ini. Fasilitas serta kemampuan drone yang lengkap tentu saja harganya akan jauh lebih mahal dibanding yang memiliki fasilitas dan fungsi minimalis. Range harga drone dimulai jutaan hingga puluhan juta. Drone tahan banting biasanya menggunakan bahan-bahan yang biasanya dipakai untuk pesawat beneran. Tahan banting di sini adalah tahan banting dalam arti sesungguhnya. Dengan bahan yang biasa ketika drone jatuh tentu saja akan benar-benar rusak dan tidak bisa diperbaiki lagi. Oleh karenanya perawatan drone juga mesti menjadi perhatian bagi para penggunanya.

Drone Bukan Mainan!

Sesimpel apapun cara pengoperasiannya, drone bukanlah mainan. Untuk menerbangkan drone dan menghasilkan gambar yang direkam secara baik memrlukan keahlian sendiri. Artinay operator semestinya memiliki kemampuan tentang navigasi yang baik. Secara umum drone merupakan kombinasi dari serupa pesawat RC + remote control + aplikasi navigasi. Aplikasi navigasi untuk drone pun variatif. Aplikasi ini biasanya bisa digunakan melalui tablet atau bahkan smartphone biasa. Pada aplikasi navigasi ada local level plane digambarkan sebagai posisi pesawat UAV di atas permukaan bumi. Operator bisa melihat parameter-parameter navigasi . Ada sensor-sensor yang digunakan pada sistem navigasi ini diantaranya adalah GPS, sensor altimeter untuk melihat parameter ketinggian, sensor accelerometer yang berfungsi sebagai sensor percepatan, dan sensor gyroscope untuk kecepatan sudut.

drone app

Di udara apapun bisa terjadi, ada kalanya angin sangat kencang bisa tiba-tiba hadir ketika kita menerbangkan drone. Jika panik, bisa jadi yang mengoperasikan drone akan kehilangan kendali, pesawat jatuh walaupun sudah dilengkapi navigasi canggih. Karenanya operator mesti bisa melakukan manuver sehingga kendala tadi bisa diatasi.

Kalau Tidak Memiliki Bisa Sewa

Ketika kita sering dan memang memerlukan drone untuk pekerjaan tentu saja pilihan pertama adalah kita membeli drone tersebut. Tipe drone seperti apa disesuaikan dengan kebutuhan, misalnya apakah untuk kamera kecil seperti GoPro+ atau kamera lebih canggih yang memiliki bobot berat yang lebih. Namun jika kita hanya sesekali saja atau sangat jarang mengggunakan drone, baiknya tentu saja dengan menyewa. Kelebihan dari menyewa, selain lebih hemat kita juga bisa menggunakan jasa operatornya. Jadi kita tinggal order saja, gambar seperti apa yang diinginkan.

Ya, jika dulu ketika kita ingin gambar dari ketinggian mesti menggunakan balon udara atau bahkan helly copter, kini kita bisa terbang mencari gambar bersama drone, menggunakan hanya remote control dan smartphone.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s