TV Programming (part1)

Tentang TV Programming

Oleh Diki Umbara

Sebagai penonton, kita disuguhi berbagai acara televisi dari waktu ke waktu. Acara-acara itu silih berganti, dari pagi sampai malam dan seterusnya. Beberapa stasiun televisi bahkan bersiaran selama dua puluh empat jam dalam sehari, jadi sebetulnya “tidak bisa dilihat” kapan sebetulnya acara tersebut dimulai. Tulisan di bawah hanya ringkasan saja bagaimana acara dibuat hingga ditayangkan,dari sisi tv programming.

Pengaturan schedule acara tidak dilakukan begitu saja tanpa perencanaan serta evaluasi setelahnya. Ada proses yang dilalui sehingga tayangan tersebut bisa secara rutin dilakukan stasiun televisi. Yang mengatur itu semua dilakukan di satu departemen yakni Programming Departement. Di dalam TV Programming akan tercakup :

  • Orientasi Program
  • Kebijakan Program
  • Strategi Program
  • Sumber Acara
  • Pola Acara
  • Kriteria Acara
  • Pengembangan Program

Untuk menjalankan ke 7 aspek di atas, programming memiliki harus memiliki strategi yakni : Counter Programming, Block Programming, Hammock, Tentoling, dan Stunting.

Pola Dasar Siaran

NO

TIME

DAY

1

05.00-15.00

Slot Time Siaran Nasional

2

15.00-18.00

Slot Time Siaran Lokal

3

18.00-21.00

Slot Time Siaran Regional

4

21.00-24.00

Slot Time Siaran Nasional

5

24.00-05.00

Slot Time Siaran Nasona

Pola Dasar Acara

Seperti sudah dibahas sebelumnya, tahapan penayangan acara televisi melewati tahap yang panjang yakni :

  1. Perancangan Program
  2. Pra Produksi
  3. Produksi
  4. Paska Produksi
  5. Tahap Penyiaran
  6. SIARAN
  7. Evaluasi

Karena tahap Pra Produksi, Produksi, serta Paska Produksi telah penulis bahas sebelumnya, jadi kali ini hanya akan dibahas :

Contoh Pola Acara & Rate Card

Tahap Perancangan Program

Pada tahapan ini aktivitas dimulai dengan mengumpulkan ide baik internal maupun eksternal sampai menjadi sebuah desain program untuk mengisi atau sebagai masukan pada Pola Dasar yang memuat judul, kriteria serta format program. Tujuannya yakni untuk mendapatkan sebuah desain program yang tentu saja yang menarik serta memenuhi kebutuhan khalayak/penonton. Kegiatan yang dilakukan dalam tahapan ini yakni :

  1. Mengumpulkan Ide
  2. Merancang Program
  3. Mempelajari & Mengembangkan Ide untuk rancangan program
  4. Mengkaji Program
  5. Menganalisia & Menilai rancangan program, yang nantinya disetujui atau mungkin ditolak menjadi desain program

Dari tahapan ini akan diperoleh : Jenis Program, Ide Program, Desain Program, serta Persetujuan.

Tahap Penyiaran

Tahapan ini merupakan tahapan menyiarkan program yang sudah dibuat tadi yakni program yang siap siar sesuai dengan pola acara terpadu serta pola acara lokal. Tujuannya yakni untuk menyiarkan program televisi yang sudah siap siar/on airing. Dalam Tahapan Penyiaran, terdiri atas :

  1. Format bahan layak siar
  2. Kualitas teknis bahan layak siar
  3. Kualitas program bahan layak siar

Untuk memenuhi bahan layak siar tadi diperlukan penyimpanan khusus materi siaran yang berbentuk perpustakaan/library bahan siar yang akan :

  1. Menerima, menyimpan, dan menyerahkan bahan siaran
  2. Menerima, menyimpan, dan menyerahkan bahan layak siar berikut dengan data pendukung
  3. Menyiapkan pita bahan siaran yang baru/blank tape sesuai format yang ditetapkan

Tahap Peyiaran sendiri terdiri atas :

  1. Penilaian Bahan Siaran
    Penyiaran
    Pemirsa
    Evaluasi & Monitoring

Jadi, pada intinya penyiaran merupakan kegiatan menyiarkan bahan layak siar yakni :

  1. Megumpulkan database program
  2. Menyusun urutan acara/rundown
  3. Mensahkan susunan acara
  4. Mendistribusikan susunan acara
  5. Menyiapkan bahan siaran
  6. Otomasi data program (check display logger data)
  7. Menyelenggarakan siaran
  8. Relokasi bahan siaran

Monitoring dan Evaluasi

Merupakan kegiatan mengamati dan menilai penyiaran sebagai internal control terhadap kegiatan penyiaran dengan tanggung jawab sebagai berikut :

  • Mengamati jalannya penyiaran
  • Menilai mutu penyiaran
  • Mengevaluasi masukan yang diterima dan meneruskan kepada setiap fungsi terkait.

29 pemikiran pada “TV Programming (part1)

  1. To Yoki :
    Setelah saya liat dirimu di http://filmdokumenteryoki.multiply.com/ wah dirimu udah malang melintang juga rupanya. Skarang di RCTI apa di MetroTV kah? Salam kenal juga bro Yoki.

    Duluuuu banget…saya pernah bantuin editing Metro Realitas, pas malem bulan puasa juga. Jam 3 pagi liat cewek cantik baru bangun tidur…eh ternyata Wanda Hamidah.

    Kalau dirimu masih di Metro salam buat Pak Usman Kansong sama Yayan ya.

  2. salam kenal bro..! blognya keren euy… lumayan buat nambah ilmu bagi para pemula seperti saya. kalau tidak keberatan, share dong gimana sih caranya (prosedur) ngajuin atau menjual program acara ke stasiun televisi..? Thanks Sebelumnya.

  3. Salam kenal juga Manasye….
    Tentang prosedur menjual program, spertinya terlebih dahulu saya jelaskan tentang metodenya dulu ya mas.
    1. Jual Putus
    2. Blocking Time
    3. Sharing

    Yg no.1 Kita jual program acara, pihak tv membelinya. Hak siar dan hak jual iklan sepenuhnya ada di tv
    No. 2 Kita beli waktu on airing dari pihak tv, acara kita disiarkan, slot iklan baut si pembeli waktu
    No.3 banyak variasinya, diantaranya biaya produksi dari PH, pihak tv mnyediakan waktu. Iklan dibagi 2 alias sharing.

    Prosedur menjual program ke tv. Kita ajukan konsep acara & proposal dan dummy acara (sample 1 episode). Tim programming tv akan melihat apakah acara tersebut layak tayang dan bisa “menjual”. Tim Acqucission akan membeli acara tersebut dengan kesepakatan bersama.

    Tentu saja tim programming dan acquission akan melihat dengan variable2 tertentu yg menjadi kebijakan masing2 stasiun televisi. Terkadang mereka punya kebijakan yg berbeda. Makanya acara yg satu bisa ditolak di stasiun tv tertentu dan bisa jadi akan diterima di stasiun tv lainnya.

    Program TV yg “baik” tentu saja, yg “diperebutkan” di berbagai stasiun tv.

    Simpelnya seperti itu mas…..

    regard
    Diki Umbara

  4. halo mas diki umbara, makasih bgt y informasi tntang broadcastingnya, aku mau tanya tentang editing video adobe premiere ada solusi tutor untuk editing maklum baru belajar masuk dunia broadcasting

    —————
    Iya Dit,smoga info di web ini bisa bermanfaat. Tentang Adobe Premiere wah…udah banyak tuh CD Tutorialnya. Bahkan ada juga buku + cd tutorialnya, coba aja ke Gramnedia. Saya sendiri dah lama gak pake Premiere. Sekarang lagi seneng pake Avid Adrenaline, dan setau saya saat ini ada 2 jagoan editing yaitu Avid dan Final Cut Pro.

  5. Kereeennn…sya mhsswi d3 Broadcast Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran, dan…….inilah yg sya butuhkan….!!!! saya mhon bntuannya klo ada hal2 yg sya nggak ngerti soal program2 televisi. tulisannya bermanfaat bgt, dan sbagian tulisan anda saya jdikan bhan untuk tugas mata kuliah Manajemen Televisi Siaran…Makasih banget ya…. sukses selalu


    ——————————–
    Thx atas kunjungan anda di web saya. Saya senang kalau oret2 ini ada manfaatnya bagi yg membaca web sederhana ini. Kalau ada pertanyaan silahkan, dengan senang hati saya akan menjawabnya….

  6. pak diki,

    kapan nih maen ke basecamp garbage? kita mao bicarakan project nih, cuma kita nggak bisa nngkrong di tempat keren..maklum punya geng tapi kere semua…wakakakakkakaka!!!!

    di tunggu lah pak ilmu-ilmunya and jangan berhenti berkarya!!!

    salam
    the garbage

  7. Terima kasih, websitenya banyak manfaatnya buat saya. saya mau nanya bagaimana membuat proposal program tv? atau kalau ada contoh proposalnya. sekali lagi terima kasih.

  8. pak.. salam kenal yah… aku anak broadcast univ. mercubuana… bolehkah memninta bantuan mu untuk skripsi ku??? Plis….🙂

    boleh banged….secara saya alumnus mercubuana juga. apa yg bisa saya bantu?

  9. thanks pak diki, saya merasa terbantu sekali dengan blog anda, kebetulan sekarang ini saya sedang menulis skripsi tentang strategi programming, dan membutuhkan banyak data tetang itu,,,
    mohon bantuannya ya pak…
    saya juga mahasiswi broadcast mercu buana.

  10. Brader gw yusup mhasiswa mercu buana 06,
    gw banyak terima kasi brader tentang coretanya yang sudah banyak bantu saya……
    brader bisa minta bantuanya g ?
    gw minta tutorial avid dunk, trus kalau instal sofwer avid sevesifikasi kompternya harus gimana brader?

    yusup, mo tutorial avid ya? minta? beli dunk…hehehe.
    untuk spesifikasi komputer untuk avid ya avid versi mana dulu nich. gampangnya kamu bisa liat di http://www.avid.com
    yg jelas sich minimal Pentium 4 3GHZ, memory 1 GB, VGA 128MB dan hardisk secukupnya…

  11. salam kenal mas, saya salah satu mahasiswa komunikasi UIN Sultan Syrif Kasim Riau konsetrasi broadcasting, yang kebetulan madan sedang menyelesaikan skripsi dengan judil ” reprentasi budaya melayu riau dalam pola acara riau televisi” saya lihat mas banyak bercerita diatas tentang media Audio visual ada ide mas? untuk skripsi saya. madan_bkn.broad@yahoo.co.id trims sebelumnya

  12. salam kenal bang Umbara,,saya ardha mahasiswa Universitas Mercu Buana 07
    blog ini menurut saya berguna banget bagi para pecinta dunia broadcasting..
    saya juga salah satu orang yang menggeluti tentang TV programing,,kebetulan dosen saya adalah mas anto lupus atau pak erry farid yang menurut saya,saya sangat beruntung diajarin sama orang seperti mas anto..!yang punya pengalaman luas and bisa berbagi sama tmn2,,mungkin bang Umbara juga knal orangnya
    gi mas,,ada yang mau saya tanya bang tentang programing tv,,sebenernya dalam merencanakan suatu program acara hingga disiarkan butuh panjelasan apa saja sih bang,selain SES, psykografi dan demografi?dan kenapa schedule program tv di Indonesia masih banyak yang banner,,kan bosen tiap hari itu2 aja tontonannya
    thanks

  13. halo mas salam kenal…. sesama mercu buana neh… saya banyak dapet referensi dari blog ini… sekarang jadi praktisi di mana mas>? saya pengen banget jadi praktisi. mungkin mas ada info… thank’s

  14. halo mas mau nanya ni, tulisan diatas kan mengenai programming, dalam programming kan ada research sharing dong mas menegenai cara research selain dari ac nielson, pake angket misalnya minimal bagaimana angket yang dibuat mendekati valid dan mewakili suatu wilayah.

  15. Mas, saya sangat terbantu dengan tulisan anda, soalnya kami di Timor Leste sedang mengembangkan program TV kami. s’moga saya bisa mendapatkan tulisan anda selanjutnya

    salam hangat dari bumi matahari terbit

    Rio

  16. saya tergabung baru dalam sebuah komunitas film, kalo boleh nanya software apa si yang biasanya di pake buat ngedit film pro. oh ya sekalian minta link untuk tutorialnya juga.thanks

  17. kata pertama untuk perkenalan adalah.. “Keren bang tulisannya.” Bang Diki, saya ingin sekali jadi creator idea atau sript writer, skrg sy punya banyak koleksi Program Acara TV atau Sinopsis FTV, baru mulai kirim2 ke PH atau stasiun TV. boleh gak tak kirim ke bang Diki juga buat ditawarin ke RCTI? bang,, kl ada mnta dikim contoh proposal menawarkan program TV atau sinopsis dong, biar gak ada kesalahan kl mau ngirim2 proposal lagi, thanx before.. kirimnya di email sy ini :

    arikmuza@gmail.com

  18. Halo Mas..salam kenal…

    Bagi infonya dong ke kita-kita, kemana harus menawarkan konsep dari sebuah program acara yang telah kita buat?
    Dan bagaimana caranya agar konsep yang kita buat idenya tidak diambil setelah kita tawarkan?

    Mohon pencerahannya.
    Salam.
    Ridwan

  19. mas diki, saya mau tanya neh
    kalo mau jadi orang programming di tv, pertama harus nyoba jadi apa dulu, atau bisa langsung apply ke bag. programming

  20. salam kenal mas diki,
    senang sekali bisa ketemu blog ini…mas tlg di share entimasi anggaran terupdate dalam setiap episode penayangan acara di TVRI, dalam program acara talk show…thanks

  21. Asalam alaikum.
    Salam kenal…Saya Pravin Irawan dari Bandung. Saya punya program acara yang ingin saya tayangkan di salah satu stasiun TV swasta. Tema acara ini adalah music & infotainment dan sudah rapi terkonsep malahan saya sudah beberapa kali latihan syuting (latihan syuting di sini maksudnya adalah melatih calon presenter yang saya calonkan untuk membawakan acara ini) dan ada 2 video yang sudah saya edit sedemikian rupa yang rencananya akan saya gunakan sebagai video demo atau dummy. Pertanyaan saya adalah (tolong dijelaskan sedetail mungkin)….,

    1. Sebaiknya konsep program (dan juga video demonya) saya bawa dan dipresentasikan langsung ke Production House atau ke stasiun TV?

    2. Bagian department apa yang harus saya temui?

    Kemuadian katakanlah jika program saya ini di setujui untuk diproduksi….

    3. Siapa yang bertanggung jawab menunjuk post kerja (crew)?

    4. Dan juga siapa yang bertanggung jawab mengeluarkan biaya produksi selama syuting, apakah produser?

    5. Bisakah saya bersama 1 rekan mengajukan diri menjadi script writer atau tim kreatif?

    6. Saya mendapat informasi bahwa untuk tayang awal maka harus produksi sebanyak 13 episode untuk selanjutnya jika acaranya sukses maka bisa diperpanjang. Apa hal ini benar adanya?

    7. Berapa kali syuting dalam sehari?

    Saya tidak ada background pendidikan broadcasting atau semacamnya pengalaman saya hanya sebagai announcer radio selama 7 tahun di 2 stasiun radio ternama di Bandung dan saya sendiri yang menulis naskah siaran.

    Terima kasih atas perhatiannya. Saya tunggu secepatnya penjelasan dari…

    Pravin Irawan
    FB: Pravin Deni Irawan

  22. halo mas diki,salam kenal dari saya
    begini mas saya tertarik tentang bagaimana cara pembuatan program tv kalo saya ada ide dalam pembuatan program tv biasanya diajukan proposalnya ke bagaan departement apa mas ?terimakasih banyak mas diki..salam sukses

Tinggalkan Balasan

