Nonton yang mana?

Do you speak bahasa ? demikian tanya Farhan di acara Bule Gila di TransTV episode awal. Sebagai penonton saya sedikit terperangah. Apa maksud pertanyaan salah satu presenter top di Indonesia ini. Apakah maksudnya Apakah Anda berbahasa Indonesia ? Bukankah seharusnya dia bertanya Do you speak Indonesian? Gak…yang ditanyakan Farhan itu sudah betul. Oh….kata saya, dan teman sayapun menjelaskan tentang bahasa, language, english, dan Indonesian. Kini acara Bule Gila alias Bugil tayang kembali di ANTV setiap hari Senin sampe Jum’at jam 19.00

Kita sudah faham betul atau paling gak pura-pura faham kalau selama ini dan dari awal televisi berita pertama Metrotv sering memakai istilah berbahasa Inggris. Liat saja kini televisi milik om brewok Surya Paloh ini punya slogan The Election Channel . Pun dengan nama mata acaranya selalu menggunakan bahasa Inggris. Hemmm…trus kenapa? ada masalah gitu ? exactly no….

Masalahnya…kini sudah ada pesaing TV yang berlokasi di bilangan Pilar Mas ini, tv tersebut tiada lain adalah TVOne, sebuah stasiun tv reinkarnasi dari Lativi. TVOne, dari namanya lagi-lagi ke-Inggris-Ingrisan. Tapi…ternyata mata acaranya masih menggunakan bahasa Indonesia. Ini contoh perbedaan nama acara ke dua tv tersebut :

Metro TV : Market Review, Metro Good Morning, Sport Corner

TVOne : Kabar Pasar, Kabar Pagi, Kabar Arena

O’ya kalau slogan MetroTV The Election Channel maka TVOne punya slogan TV Pemilu. Menurut saya slogan MetroTV lebih eye catchy sedangkan TVOne lebih membumi.

Kemampuan berbahasa Inggris buat pembawa acara/pembaca berita/anchor/news caster/news reader atau apapun namanya, menurut saya memang sangatlah penting. Kan gak enak didengar aja kalo pembaca berita mengucapkan kata atau kalimat berbahasa Inggris srimpet-srimpet. Nah,ini disadari betul oleh MetroTV. Maka gak heran, dalam perekrutan untuk karyawannya terutama untuk anchor tadi, MetroTV mengaruskan calon anchor memiliki nilai TOEFL tertentu yang masih berlaku dalam enam bulan pada pelaksanaan tesnya.

Trus,apakah TVOne harus melakukan yang sama? sepertinya gak usah deh…dengan gak usah capek2 merekrut anchor dari nol, TVOne sepertinya sudah kebanjiran karyawan dari MetroTV. Termasuk pindahnya jeng Rahma Sarita, presenter janda cantik keturunan Arab yang memiliki suara parau itu.

Hemmm…kira-kira akankah TVOne menyaingi MetroTV? prediksi saya sich ya. Contoh saja, pernah nonton acara “Debat” di TVOne ? acara yang dipandu Alfito Deannova Ginting ini sekarang saat ini lagi diminati pemirsa, apalagi sekarang sedang musim pilkada. Awalnya acara yang digagas Komisi Pemilihan Umum ini ditawarkan ke beberapa stasiun tv, ya termasuk MetroTV tentunya. Dan “pemenangnya” ya TVOne,karena bagaimana gak, stasiun tv yang dipimpin Erick Thohir ini menawarkan gratis alias free pada KPU, sementara Metro gak alias mesti bayar.

Strategi marketing yang mantap nich yg dilakukan TVOne, acaranya sich gratis. Tapi lihat saja iklannya, semua acara debat pilkada penuh dengan iklan para cagub. Pundi-pundi uang iklan ini kini sedang dinikmati oleh tv “bercorak merah” ini.

5 pemikiran pada “Nonton yang mana?

  1. TVOne setelah reinkarnasinya begitu memikat. Saya masih ingat waktu masih bernama Lativi, saya tdk tertarik..
    Tapi, teteup, saya lebih senang Metro TV..
    😉

  2. Akhirnya , ada juga tv berita selain metro tv ! Bgus dong biar masy. Indonesia lbh pinter , ga ntn sinetron mulu ! tvone udh keren ko . Palagi presenternya . Rahma Sarita . . . Cantik bgt ! Tina juga ! Sportnya tvone tambain yaa trutama badminton dong . . .

  3. jeng Rahma Sarita, presenter janda cantik keturunan Arab yang memiliki suara parau itu.
    ngikutin info seputar anchor juga yah bapak ini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s