Tentang Rundown

Untuk sebuah produksi televisi, rundown merupakan panduan yang dijadikan acuan seorang program director atau pengarah acara dalam menjalankan sebuah acara televisi. Rundown biasanya disusun oleh produser dan didiskusikan dengan tim produksi. Format pembuatan rundown tidak mutlak, sangat tergantung dari karakteristik format acara televisi itu sendiri. Rundown format berita misalnya agak sedikit berbeda dengan rundown untuk acara berformat non drama (quiz, gameshow, music, variety show,magazine,dll).

Rundown merupakan susunan isi cerita dari sebuah program acara yang dibatasi oleh durasi(panjangnya item acara), segmentasi dan deskripsi atau bahasa naskah.

Untuk acara berdurasi 30 menit biasanya dibagi menjadi empat segment, namun beberapa acara berdurasi setengah jam ini juga kadang terbagi menjadi 3 segment. Sedangkan acara berdurasi 60 menit biasanya terbagi atas 5 atau 6 segment. Salah satu fungsi pembuatan segmentasi ini adalah untuk keperluan penempatan commercial break atau iklan. Misalnya, total konten program acara berdurasi 30 menit adalah 24 menit,sisanya yang 6 menit untuk iklan.

Selain kolom “Segment”, hal penting lainnya adalah “Description”. Di kolom ini dijelaskan tentang apa saja isi dari setiap segment. Sedangkan jika ada catatan penting lainnya, bisa dimasukan ke dalam kolom “Note” atau “Remark”

Contoh : Rundown Berita

Event Materi Durasi
PRE – SHOW tease Rangkuman Berita (Kenaikan BBM, Peringatan HUT TNi, Padusan) 18 detik
Opening Sequence Bumper In (ID PROGRAM) 18 detik
Blok A (total 6 menit) Intro 20 detik
Hard news 1. Antrian Panjang di Berbagai SPBU Surakarta Aman Terkendali 2 menit 15 detik
2. Jelang Kenaikan BBM, Aparat Sibuk Amankan SPBU 1 menit
3. Minyak Tanah Langka, Warga Rela Antri Berjam – jam 1 menit 15 detik
4. Demo Ratusan Mahasiswa Menolak Kenaikan BBM 1 menit 30 detik
Tease Up Next 10 detik
Bumper Out 5 detik
Break – break – break Break – break – break Break – break – break Break – break – break 3 detik
Blok B (total 4 menit) Bumper In 5 detik
Hard news 5. Harga Sembako Pasar Tradisonal Merangkak Naik 1 menit
6. Kenaikan Tarif Bus AKDP Capai 100 % 1 menit 15 detik
7. Peringatan HUT TNi ke – 60 1 menit
8. Pasca Bom Bali II, Polwiltabes Surakarta Razia Kendaraan Umum 45 detik
Tease Up Next 10 detik
Bumper Out 5 detik
Break – break – break Break – break – break Break – break – break Break – break – break 3 detik
Bumper In 5 detik
Blok C (total 3 menit 30 dt) 9. Ritual Padusan Sambut Bulan Suci 1 menit 10 detik
Soft news 10. Ramadhan Tiba Pedagang Tiban Penuhi Manahan 1 menit
11. Open Casting 9 Naga Rudi Sujarwo 1 menit
Tease Up Next 10 detik
Bumper Out 5 detik
Break – break – break Break – break – break Break – break – break Break – break – break 3 detik
Blok D (total 4 menit) Bumper In 5 detik
Sport news 12. Walikota Cup digelar pertama kali 1 menit 30 detik
13. Bengawan Bowling Sport Undang Mantan Juara Sea Games 45 detik
14. Puasa Bukan Hambatan Lakukan Aktivitas Olahraga 1 menit 30 detik
Bumper Out 5 detik
Tease Up Next 10 detik
Break – break – break Break – break – break Break – break – break Break – break – break 3 detik
Blok E (total 1 menit 30 dt) Bumper In 5 detik
15. Pameran Lukisan Perfeksionism Zaenal Arifin 1 menit
Kicker and close 10 detik
Video esay under credit 20 detik

Contoh Rundown Program Non Drama

Judul : MotoStyle

Format : Magazine

Durasi : 30′ (incl.Comm Break)

SES : B & C

SEGMENT

TIME

DESCRIPTION

REMARK

I

45″1′

1’30”

10″

OBBOpening Host

Montage

Bumper Out

AnimationHost announce the program

Cuplikan Acara

COMMERCIAL BREAK 1

II

10″45″3’30″10″ Bumper InHost tag to “Yang Trend”

VT “Yang Trend”

Bumper Out

Liputan trend motor

COMMERCIAL BREAK 2

III

10″30″3’10” BumperInHost tag to “Moto Clinic”

Bincang Moto Clinic

Bumper Out

Bincang dengan pakar tentang motor

COMMERCIAL BREAK 3

IV

10″45″2’30″3’15

45″

Bumper InHost Tag to “Yang Unik”

VT “Yang Unik”

Host Tag To “Tips”

VT “Tips”

Host Closing Program

CBB

Liputan yang unik tentang motor

Tips Tentang

Bahan bacaan : Television Production, Gerald Millerson, Focal Press

About these ads

20 pemikiran pada “Tentang Rundown

  1. Saya ingin minta contoh rundown untuk pembukaan sebuah cafe. Rencana saya, saya akan membuat press release selama 30 menit, pembukaan dari direktur, pengenalan produk, makan-makan (free flow), kemudian penutup. Tetapi saya ingin ada sedikit acara hura-hura nya (diluar games). Mohon untuk diberikan contoh ya. Terima kasih

  2. Ping balik: Produksi Televisi (Part 2) « Diki Umbara

  3. Saya ingin bertanya dan meminta tips, software video player apa saja yang bisa digunakan untuk penyiaran televisi kebetulan kami di sambas masih menggunakan Media player Classic dan problemnya adalah perpindahan transisi video kaku dan lama. terima kasih.

  4. saya ingin minta contoh rundown untuk grand opening cafe,, yang didalamnya berisi tg pembukaan, hiburan, game,, yang dibuat sedemikian rupa sehingga ga terkesan monoton. thx…

    ______________
    Waduh……mbak Anna, blog ini sementara saya dedikasikan untuk membahas tema2 broadcasting khususnya televisi. Jadi kalau tentang rundown yg dirimu tanyakan saya gak bisa menjawabnya. Walaupun OOT, silahkan pembaca lain untuk menanggapi.

  5. Selamat Siang Pak,

    Bisa minta info. Misalkan saya ingin menawarkan suatu ide acara TV sebaiknya dialamatkan kemana? APakah ke TV Langsung atau ke Production House. Biasanya bagaimana sistem bagi Hasil atau Renumerasinya jika Konsep Acara ini diterima.

    Thx.

  6. Selamat Siang Pak,

    Bisa minta info. Misalkan saya ingin menawarkan suatu ide acara TV sebaiknya dialamatkan kemana? APakah ke TV Langsung atau ke Production House. Biasanya bagaimana sistem bagi Hasil atau Renumerasinya jika Konsep Acara ini diterima.

    Thx.

  7. tolong contoh rundown untuk event lomba dance

    Terima kasih atas kunjungan ke web saya.
    Mbak Yesi, di web saya hanya mendiskusikan acara televisi dan film saja, tentang rundown lomba dance saya gak punya contohnya

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s