Rumitnya Set Design

Membangun sebuah set untuk pertunjukkan acara televisi bukanlah suatu pekerjaan yang mudah. Dimulai dari menterjemahkan ide/gagasan tim kreatif, membuat sketsa desain, membuat set desain, membuat maket, hingga membangun set itu sendiri.

Perhitungan matematika,fisika,dan tentu saja estetika (seni) menjadi satu keharusan agar sebuah set bisa menunjang sebuah acara televisi yang baik. Beberapa acara televisi yang mendunia bahkan punya standar sendiri, sehingga sebuah set di satu negara punya kemiripan dengan acara serupa di negara yang berbeda. Lihat saja panggung yang megah di acara musik World Idol, American Idon, Indonesian Idol, tampak mirip bukan ?

American Idol

Komposisi,warna,backdrop,ornamen,property,menjadi perhatian khusus seorang art director ketika membuat gagasan set design.

Set

Dengan adanya software 3D pekerjaan membuat set desain agak dipermudah. Software2 itu antara lain 3D Studio Max,Maya,3D Studio,dll.

Maket Karya : Agis Susanti CS

5 pemikiran pada “Rumitnya Set Design

  1. Ping balik: Produksi Televisi (Part 1) « Diki Umbara

  2. boleh juga ulasannya, kebetulan ada bebrapa program gue yang butuh design panggung gimana kalo bantu gue , untuk pembuatan panggung yang sesuai dengan program yang akan kita buat, sehingga sebelum konten atau segmen ditampilkan orang akan aware dulu dengana sett desig dari pangung atau backdrop kita

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s