Floorplan

Kalau dalam arsitektur floorplan itu adalah gambar yang berbentuk skala, gambar-gambar ruang (ruang tamu, kamar tidur, kamar mandi, taman, dll). Trus apa bedanya dengan denah? Ya mirip banget, bahkan sebagian orang menyebut floorplan itu sebagai denah.

Contoh floorplan :

floor

Floorplan Acara Televisi

Desain floorplan untuk acara televisi hampir sama dengan floorplan bangunan, namun kegunaan dan manfaatnya saja yang berbeda. Floorplan sebuah acara televisi dimaksudkan untuk membantu sutradara/pengarah acara televisi dalam “mengekseskusi” sebuah acara. Paling tidak, ada 3 macam floorplan :

  1. Floorplan Tata Aristik
  2. Floorplan Tata Kamera
  3. Floorplan Tata Lighting

Tapi, adakalanya ke tiga floorplan tersebut dibuat menjadi satu saja. Dengan satu floorplan, suttradara dan produser sudah bisa melihat tata artitistik, penempatan kamera, serta penempatan lightingnya. Tidak hanya acara televisi, untuk film sekalipun di Hollywood sana, floorplan sangatlah penting. Apalagi,sebagian besar produksi film di sana dilakukan di studio. Denah studio biasanya sudah punya skala yang sangat akurat.

floor

Floorplan Tata Artistik merupakan sketsa rencana tata artitistik yang diimplementasikan dalam sebuah denah secara lengkap menyangkut elemen stage dan properti serta penempatannya berdasarkan skala yang sudah dibuat sebelumnya. Sedangkan floorplan tata kamera sama dengan floorplan tata artistik namun ada penempatan posisi kamera. Yang membuat penempatan posisi kamera tersebut adalah pengarah acara (Program Director) yang bekerjasama dengan D.O.P (Director of Photography)

4 pemikiran pada “Floorplan

  1. mas boleh nda aku minta contoh proposal tv drama yang lengkap, dari lembar kerja produser sampe editing..bisa ya. soalna aku mau ada tugas dari kmpus n mau TA. please bls e-mail aku

  2. Mas diki,aku andi.Aku boleh minta contoh naskah produksi tv yanglengkap…coz aku pengen lebih mendalam im bidang ini.Thanks ya mas

    okay segera dikirim….

  3. mas diki,aku udah baca semuanya artikel mas,mas kemana yah….biar aku bisa langsung ikut kerja dilapangan,karna slama ini aku hanya membuat / menyutradarai film-film indie sekolah atau video klip musik indie n biar tambah pengalaman diklatnya mas diki ada dimana yah..tlng mas di bals ke e-mailku BIAR aku nantinya bisa bersaing secara SEHAT dan PROFESIONAL berpengalaman secara tehnikal dengan abangku si pembuat FILM BANGKU KOSONG Helfi CH Kardit.Tlng yah mas

    hemmm…penyutradaraan ya? kalo dulu Hanung pernah bikin workshop tuh, Rudy juga pernah. tapi…daripada ikut diklat mending cari client aza, belajar sambil dapet duit juga.

  4. mas. . . .tolong buatin floor plan li9hting dunk. . .

    nich scence nya

    BENNY, SELLy

    BENNY bermimpi, ia melihat banyak pintu yang bersinar warna putih, sinar itu membuat matanya sakit, dari salah satu pintu itu terlihat sosok bayangan wanita yang memanggil dan meminta tolong padanya.

    SELLY, melambai lambaikan tangan nya
    tolong…..tolong. . . .tolong saya…

    dengan perasaan takut, BENNY mencoba mendekatinya, akan tetapi sosok bayangan wanita yang mengenakan gaun itu berllari pergi.

    please help me. . .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s