Persiapan Menjadi Sutradara (part1)

Kursi

Sebagian dikutip dari buku jadul banget “The Film Director” karya Richard L.Bare

Tidak seperti sebagian artis, aktor, maupun penulis yang biasanya terlahir dengan bakatnya, seorang sutradara harus mempelajari seni dari pekerjaan yang digelutinya. Melalui apa? yakni melalui :

  • Observasi dan tentu saja praktek.
  • Sutradara juga bisa belajar dengan cara menonton film-film karya sutradara yang lain.
  • Calon sutradara juga bisa belajar dengan memperhatikan cara sutradara lain bekerja di lapangan
  • Pengetahuan penyutradaraan juga bisa diperoleh dari membaca buku-buku tentang film atau mengikuti pendidikkan sinematografi bisa berupa kursus atau pendidikan formal
  • Satu hal yang pasti, tempat berlatih yang baik bagi calon sutradara adalah industri film itu sendiri. Intinya, terjun langsung dalam dunia film adalah pelatihan terbaik.

Memang tidak begitu banyak institusi pendidikan yang memfokuskan pada sinematografi di Indonesia, beberpaa perguruan tinggi diantaranya ada IKJ (Institut Kesenian Jakarta), ISI (Institut Seni Indonesia) Jogyakarta, dan Next Academy. Lain halnya kalau broadcasting (penyiaran), puluhan perguruan tinggi sudah membuka jurusan ini. Universitas Indonesia, UNPAD Bandung, Univ Moestopo, Sahid, AKOM BSI, Univ Tarumanagara, dan terakhir Univ Pancasila memiliki jurusan Broadcasting. Nah kalau tempat kursus diantaranya, School for Brodcast Media, PPHUI (Usmar Ismail), Diklat TVRI, Broadcast Center UI, dan CMC.

Selain institusi tadi, sutradara Rudy Soejarwo pernah mengadakan pelatihan penyutradaraan, juga Pop Corner yg terdiri dari bberapa sineas muda, terakhir Hanung Bramatyo juga mengadakan semacam pelatihan untu calon asisten sutradara.

Mengikuti pendidikan formal atau kursus bukan jalan satu-satunya, seperti yang diuraikan di atas bahwa ada cara-cara lain. Menonton karya sutradara lain juga penting dan ini juga dilakukan di perguruan tinggi semisal yang dilakukan di University of Southern California dan Academy of Motion Picture Arts and Sciences bahkan di Institut Kesenian Jakarta juga, bahkan menonton menjadi kewajiban mahasiswa. Sutradara Riri Riza menyukai sesi menonton ini yg diwajibkan di mata kuliah Sejarah Film.

About these ads

40 pemikiran pada “Persiapan Menjadi Sutradara (part1)

  1. saya mau belajar sutradara dmn ya..
    mohon bantuannya
    thks


    _____
    Bayu, kan saya udah jelasin di atas. Untuk belajar menjadi sutarada bisa kuliah di IKJ atau The Next Academy. Kalau kursus bisa di Hellomotion. Kalau mau semi private coba hubungi Hanung Bramantyo, dia pernah ngadain kursus untuk ass sutradara. Rudy Soedjawo dulu juga pernah mengadakan pelatihan.

  2. mas kalau cara pengambilan cover itu gmana ya ?

    Pada prinsipnya sama saja antara pengambilan cover dengan shot utama. Kalau untuk scene dialog, yg paling umum lakukan saja cross shot. Misal,untuk subyek pertama diambil 45 derajat dari kanan, kebalikannya untuk cover shot diambil dari 45 derajat dari kiri.

    Tapi…pertanyaan dirimu gak lengkap…jadi saya bingung juga mesti jelasin seperti apa

  3. mas…saya sangat tertarik seperti mas hanung..saya ingin seperti ia,tujuannya,,ingin impian saya,saya lewatkan ke dalam sebuah film..
    yang jadi pikiran saya,,bagaimana cara untuk seperti mas hanung..??

    kenapa mau seperti Hanung? mending jadi diri sendiri aza kali…kan gak asyik kalo kamu bikin film, trus orang lain bilang “Koq kayak fimnya Hanung?” atau “Kayak Hanung dech gaya penyutradaraannya”

  4. permisi,, boleh tau gak
    gmana carana bisa, ngontak hanung or riri riza
    tolong ya
    cos w pengan banget, punya film yang fenomenal

  5. Ass…
    mas saya sangat tertarik menjadi sutradara…membuat suatu film adalah cita2 saya…pd saat sy lulus smu.Saya ingin sekali kuliah di IKJ…tp ortu saya melarang.katanya masa depan tdk ada klo kuliah d IKJ…sy harap impian saya menjadi nyata.AMIN.
    oh y mas…tempat menyalurkan cerpen dimana mas y???
    TX
    Wassalam

    wahh dulu emang sempet ada stigma kalo jd seniman itu hidupnya gak karu2an, tapi sekarang zaman dah berubah…,banyak banget contoh sukses lulusan (atau yg cuma numpang lewat) dari IKJ. Berarti tinggal yakinkan ortu dirimu aza…

    penyaluran cerpen? ya tinggal kirim ke media aza buat dimuat/diterbitkan…:)

  6. Rencana saya setelah drama Teatrical selesai, saya ingin mengajukan karya saya kepada sutrada yang sudi membuat filem layar lebar. kalau boleh tau alamat para sutrada dimn ya Mas?

  7. aku pgn bget jadi sutradara?

    kursus hellomotion dmana ? kalo yg semi private dari hanung itu gmana & tempatnya dmana ?

    sutradara adalah impiankuw bang , aku pnah juara film tpi cuma 1x, rasanya ingin lebih belajar lagi tentang film, & aku uda nyiapin script bang .
    bantuin gw ya bang

  8. untuk mnjdi sutradara yg bgus itu gmna sich mas???
    soalnya klo diskolah add acra pentas drama n sebagainya,sya sllu ditujuk untuk jdi sutradaranya.

    makasih

  9. mas, setelah selesai membuat film, apa yang harus dilakukan sutradara…? yang saya bingung adalah bagaimana cara mendistribusikan/mempublikasikan film itu sendiri. … Apakah harus tergabung dengan sebuah PH?
    Saya dan teman-teman pernah mencoba membuat sebuah film, dan saya bingung bagaimana cara mendistribusikan dan hal-hal lain yang menyangkut bisnis film itu sendiri… Yang ada di pikiran saya paling menyebarkannya secara indie mas… terima kasih…

  10. kalau aku dari dulu emank pengeen banget jadi sutradara film……khususnya film horor.dimana ya tempat kursus jadi sutradara yang ada adi sumut.

  11. Pengen deh suatu saat nanti jadi sutradara yg hebat. Untuk lebih lanjut gimana ya cara mempelajarinya?

  12. Asslm. Salam Kenal Sy ada materi test masuK ISIY Materi “Apresiasi karya Photografi dan Program Televisi “Smentara Saya Tidak Ada Gambaran Mengenai materi itu! yg Di maksuD Test Sprti itu yg seperti apa ya ? Ada yg tw?

  13. saya ini mau daftar kuliah, tapi daerah bandar lampung yang di universitas nya tidak ada jurusan teknik penyutradaraan,,klo cita cita saya ingin jadi sutradara bisa gak sih,klo di mulai dari jurusan ilmu komunikasi atau web designer?
    atau apa bisa calon sutradara tidak bersekolah di teknik penyutradaraan tapi dia ikut berbagai festival film dan punya imajinasi yang kuat bisa jadi sutradara???

  14. Mas..
    Aku Pengen sekali jadi sutradara, karena Ortu-ku tidak mengizinkan berpatokan biayanya yang mahal dan tidak ada masa depannya, padahal itu adalah cita2 ku. dan aku ambil solusi, Aku berencana untuk kuliah yang mereka mau. tapi tidak mungkin aku menunggu 4 tahun kemudian untuk sekolah sutradara.
    aku pengen kuliah sambil kursus, apakah kursus atau sekolah jarak jauh itu bisa ? ?

  15. ini impian saya…
    ingin menjadi sutradara yang profesional…
    semoga saya bisa mewujud kan nyaa..
    bantu doa ya

  16. Saya mau nanya dong,, saya kan masih SMA dan saya punya cita2 untuk jd sutradara yg handal.. Nah saya ingin belajar,, dan pertanyaan saya: kalo mau kursus sutradara di mas hanung itu di mana yah tmpt nya??

  17. ass ,
    gmn yah supaya bisa menjadi sutradara seperti hanung bramantiyo , sya ingin mnjadi sprti dia , saya ingin menuangkan impian ku ke sebuah film , kira2 apasih yg dapat mendukung menjadi sutradara yg handal dan profesional .
    thanks you:)

  18. om sya ingin sekali menjadi sutradara tapi yg saya binggung saya ingun terjun langsung untuk belajar …
    masalahnya saya tdk tahu tempatnya di mana ????

  19. assalamualaikum. aqw juga pengen jadi sutradara, aqw dah banyak nulis cerita, qw pengen itu menjadi film, sutradara adalah cita2ku, ada yang bisa bantu aqw ga ya? ada yang punya kontaknya mas hanung ga ya? ini numb ku 085326741888 atau emailku venacomunity@gmail.com . please bantu aqw. wassalamualaikum.

  20. hai mas…kenalin aq rhifa baru kelas 2 sma…
    mas aqw pengen banget jadi sutradara apalagi goes hollywood…
    tapi sayang ibu aku nyuru aqw jadi guru….mohon doanya yach mas… aku emang gak punya persiapan apa apa buat jadi sutradara tapi aku punya tekat.,..
    yang mau aku tanyain, bisa gak sutradar dari lulusan fakultas sastra????

  21. mas saya masih SMA. tapi saya sudah cinta banget dengan dunia perfilman sejak smp. saya juga bercita-cita menjadi sutradara yang handal yang nantinya akan mengubah dunia perfilman indonesia yang sampai sekarang masih ditrendkan oleh genre horor-porno. saya ingin indonesia nantinya bisa dilihat di mata dunia. dan tidak hanya dipandang sebelah mata. mohon sarannya mas.

  22. perkenal kan nama saya sri ramadhani.saya siswa SMA kls tiga yng bercita cita jdi sutradara.tp saya bingung bagai mana cara nya????/saya sering membuaT berbagai cerita.salah satu nya cerita yang berjudul CINTA TAK BERUJUNG.SAYA YAKIN SAYA BISA MENCIPTA KAN BAYAK CRITA CRITA TP, SAYA TIDAK TAU KEMANA HARUS MENYALURKAN NYA.saya berharap sekali ada jalan ke sana.semoga mas bisa bantu

  23. Selamat mlm… ? Saya in seorang TKW Hongkong & bkerja d,mjikan yg krjanya sebagai produser film festival, Editor & Sutradara. Krna Saya udh bkrja hmpir 6thn dsini, Saya merasa terpanggil untk ikut terjun k,dunia it. Bhkan Saya sdh bnyk menulis Cerita film, bhkan Sinetron. & 2 lagu untk promo film. Tp msalah,nya Saya hnya lulusan kejar paket C/ SMA. Pertanyaan Saya, bisakah Saya msuk kuliah jurusan IKJ, NEX ACADEMY, isi…?
    Menjadi Sutradara hruskah lulusan IKJ, NEX ACADEMY, isi…?
    Sekian pertanyaan Saya, Saya ucapkan terima ksh bnyk.

  24. Pengen banget jadi sutradara , pengen kuliah tapi yg nggak jauh* maksudnya nggak keluar dari jawa timur :-) ada nggak ?

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s