Steven Spielberg

Steven Spielberg,

Sutradara dan produser film terkenal asal Amerika Serikat, sudah sangat dikenal. Film-film yang disutradarai dan diproduksinya banyak yang menjadi box office. Tak sekadar meledak di pasaran, ada pula film-filmnya yang berhasil menyabet Piala Oscar yang menunjukkan reputasinya sebagai sutradara berkelas tinggi.

Namun, tahukah Anda, bahwa sutradara yang menyandang reputasi istimewa ini sama sekali bukan lulusan sekolah seni dan film?

Steven Spielberg lahir di Cincinnati, Ohio, AS, pada tanggal 18 Desember 1946 dan dibesarkan di Haddonfield, New Jersey dan Scottsdale, Arizona.

Spielberg sangat menyukai dunia film sejak kecilnya. Dia sering bertanya tentang film yang selalu dilayani dengan baik oleh orang tuanya. Dukungan keluarga ini kelak menjadi modal dasar keberhasilannya dalam bidang penyutradaraan.

Dengan bantuan kakak perempuannya, pada usia 12 tahun Spielberg mencoba membuat film pertamanya.Escape to Nowhere. Tak dinyana, film ini meraih sebuah penghargaan lokal. Pengalaman yang menakjubkan. Karena sejak itu, dia seakan tak berhenti membuat karya-karya film. Setahun kemudian, dia ciptakan sebuah film yang dinamainya

Maka, tanpa didukung peralatan canggih dan tanpa bekal pendidikan khusus tentang pembuatan film, Spielberg pun tak tertahankan untuk memulai karir otodidaknya sebagai sutradara dan produser film. Dia dedikasikan seluruh bakat dan keinginan kerasnya untuk penciptaan film berkelas.

Rumah produksi terkenal Universal Studio rupanya memperhatikan sepak terjang Steven Spielberg. Mereka merekrut Spielberg menjadi pegawai di tahun 1969. Di usia mudanya itu, 23 tahun, Spielberg memulai karir formalnya di dunia penyutradaraan. Dia dipercaya menjadi sutradara sebuah film untuk televisi yang diproduksi Universal Studio.

Sejak itu, Steven Spielberg semakin menunjukkan taringnya sebagai sutradara berkelas. Karya-karyanya makin diakui. Pada tahun 1975, Jaws melejit menjadi box office pertama Spielberg. Menyusul berbagai film box office lainnya, seperti Close Encounters of the Third Kind (1977), trilogi Indiana Jones (1981, 1984, 1989, dan akan menyusul sekuel keempat di tahun 2007 ini), ET (1982), Color Purple (1985), Empire of the Sun (1987), Hook (1991), Jurassic ParkSchindler List (1993) serta film peraih Oscar untuk sutradara terbaik: Saving Private Ryan (1998). Masih banyak filmologi Spielberg lainnya. (1993). Termasuk film peraih 7 Piala Oscar diantaranya untuk kategori film dan sutradara terbaik:

Apa kata kunci untuk keberhasilannya?

Inilah kunci sukses Steven Spielberg: kecintaannya pada dunia film, komitmen untuk membuat film-film terbaik, bernuansa baru dan berbeda (tidak sekadar film “baik” saja), ketelitian dalam detail film yang diciptakannya, kerja keras dan tidak mau cepat berpuas diri akan keberhasilan demi keberhasilan yang dicapainya. Dan satu lagi, menjadikan kegagalan sebagai pelajaran (tercatat film berjudul 1941 yang diciptakannya pada tahun 1979 sebagai film “gagal”).

Satu pemikiran pada “Steven Spielberg

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s