Definisi Komunikasi

Banyak sekali tentang definisi komunikasi, berbagai teori tentang komunikasipun bermunculan. We can not not to communicate,begitu kata seorang ahli komunikasi. Para ahlipun mengkategorikan bermacam komunikasi,antara lain :

1.Komunikasi intrapersonal

2.Komunikasi antar personal

3.Komunikasi kelompok/organisasi

4.Komunikasi massa/publik

5.Komunikasi antar budaya

Definisi  komunikasi yg paling sederhana adalah proses penyampaian pesan dari komunikator pada komunikan dengan tujuan tertentu.

Harold Laswell,  mendefinisikan komunikasi sebagai : who says what in which channel to whom with what effecto sayshat in which channel to whom with what effect

Dari wikipedia,

Komunikasi adalah suatu proses penyampaian pesan (ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain agar terjadi saling mempengaruhi diantara keduanya. Pada umumnya, komunikasi dilakukan dengan menggunakan kata-kata (lisan) yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. Apabila tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat dilakukan dengan menggunakan gerak-gerik badan, menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkan kepala, mengangkat bahu. Cara seperti ini disebut komunikasi dengan bahasa nonverbal atau bahasa isyarat.

11 pemikiran pada “Definisi Komunikasi

  1. Bos defenisi komunikasinya bagus. yaa, cukup standard sih.
    tau gak apa itu teori hubungan komunikasi (Relationalship communication theory), salah satu teori dalam komunikasi antar personal……..

  2. duh, susah yah nyari teori komunikasi kelompok!
    si lasswell malah ngasi model, bukannya ngemukakan teori..

    hmm.. rata-rata web/blog yang gw masukin, semuanya ngasi definisi standar, tanpa ngasi tau sumbernya!

    yang mendefinisikan itu siapa?? nah lo??

  3. saya siswa di smkn di surabaya,saya minta tolong diperlengkap.jelaskan jenis-jenisnya dan berikan penjelasannya.terimakasih

  4. pak…mau minta tolong dong ….saya lagi nyari tentang komunikasi ilmiah…untuk bahan skripsi…..minggu dpan saya sidang nih….tolong bgt6 pak…pokonya semua yang berhubungan dengan komunikasi ilmiah….

  5. To Billy :
    Masih nyari bahan skripsi padahal minggu depan udah sidang ? Wowww…how come ya? wakte kamhe dong mas…(Bahasa Urdu : waktu sudah mepet).

    Sorry banget, I think I can’t help u

  6. urgent….!!!!!! saya cari definisi2 model2 komunikasi lengkap dan uptodate…kirim ke email ya??!! hehe…maksih banget,…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s